Dalam konsep strategi pemasaran terdapat istilah bauran
pemasaran (marketing mix) yang dikenal dengan 4P, yaitu: 
1)              
Product (barang dan jasa) 
2)              
Price (harga) 
3)              
Place (tempat) 
4)              
Promotion (promosi) 
Dasar pemikiran
di dalam konsep pemikiran ada 4 yaitu:
- pemuasan keinginan kelompok tertentu.
 - diperlukan program riset pemasaran.
 - semua keinginan utk mempengaruhi pembeli.
 - kepuasan konsumen adalah kesan yg baik dr pembeli.
 
PRODUK
Yaitu
apa saja yg ditawarkan dipasar utk mendapat perhatian , permintaan, pemakaian /
konsumsi yg dapat memenuhi keinginan/ kebutuhan konsumen.
PEMBAGIAN PRODUK
:
- produk Inti (Core Produk) : setiap produk memilki manfaat inti maka penjual harus dapat menjual manfaat inti dari produk, contoh: konsumen membeli panas bukan kompor gas.
 - Produk berwujud (tangible product) : perusahaa hrs mengubah produk inti menjadi produk berwujud, contoh : kosmetik, computer, buku, dll.
 - produk tambahan : merupakan jenis tambahan, ada 4:
 
- instalasi c. penyerahan dan kredit
 - jaminan d. servis purna jual.
 
Suatu
produk dapat di bedakan dari produk
lainnya dari segi merk / brand. Yaitu suatu nama/istilah/symbol
(desain/rancangan) kombinasinya yg dimaksud utk memberi tanda pengenal
barang/jasa dari seorang penjual / sekelompok penjual & utk membedakannya
dari barang2 yg dihasilkan pesaing.
PENGGOLONGAN BARANG
MENURUT TINGKAT PEMAKAINYA ada 2 yaitu :
- barang tahan lama (durable goods) : barang yg secara normal bisa di pakai berulang kali dalam jangka panjang.
 - barang tidak tahan lama (non durable goods) : barang yg secara normal hanya bisa digunakan sekali pakai.
 
PENGGOLONGAN BARANG MENURUT TUJUAN PEMAKAI
- BARANG KONSUMSI
 
- barang konvenien (convenien goods) : barang mudah utk didapat, contoh : sabun, gula , kopi.
 - barang shoping (shopping goods) : barang yang harus dipertimbangkan (harga, kualitas, ukuran, model, warna) jika membelinya, dan hanya terdapat di tempat2 tertentu, contoh : sepatu , tas, jaket kulit.
 - barang special (special goods) : barang yang hanya di tempat2 tertentu dan harganya sangat mahal, contoh: berlian, mutiara, barang2 antik, dll.
 
- BARANG INDUSTRI
 
Barang
yang di beli utk diproses kembali mejadi barang jadi / barang setengah jadi,
barang industri :
- bahan baku
 - barang setengah jadi
 - perlengkapan operasi perusahaan, contoh: bahan baker.
 - instalasi, perlengkapan extra, misalnya: generator.
 
HARGA / PRICE
Yaitu
sejumlah uang utk mendapatkan sejumlah barang dan jasa beserta pelayannya,
contoh membeli roti + bungkusnya.
METODE
PENENTUAN HARGA
1. COST PLUS
PRICING (metode harga plus)
Utk
menentukan : harga jual = biaya total +  laba diinginkan
Contoh
: 1.200.000 = 1.000.000 + 200.000
2. PENETRASI
PRICING :  merupakan strategi potongan harga yg
paling rendah , direncanakan utk memasuki pasar scr cepat & utk mendapatkan
penjualan yg besar dlm waktu pendek.
3. SKIMMING
PRICING : strategi penentuan harga yg paling tinggi,
direncanakan utk memberi gambaran konsumen bahwa mutu barang tetap tinggi.
POLITIK PENETAPAN
HARGA
- Penetapan harga psikologi : penetapan harga yg ganjil/aneh, contoh : Rp. 199.999,-
 - price lining : penetapan harga berdasarkan ukuran2 tertentu.
 - Potongan harga :
 
- potongan kuantitas : potongan yg diberikan penjual agar konsumen membeli pada jumlah yg telah di tentukan, contoh: beli 10 dapat 1.
 - Potongan dagang : di berikan kepada konsumen ikut memasarkan produknya.
 - Potongan tunai.
 - Potongan musiman
 
PLACE
Perpindahan
produk dari satu tempat ke tempat lain & utk pemindahannya memerlukan
saluran distribusi.
Saluran
distribusi : saluran yg digunakan oleh produsen utk
menyalurkan barang tersebut dari produsen ke konsumen / produsen industri.
Perantara
: adalah individu / lembaga bisnis yg beroperasi diantara produsen &
konsumen.
PENGGOLONGAN
PERANTARA
     A.    perantara pedagang
ada 2:
      1.  pedagang besar
                        2. pengecer
- perantara Agen :
 
tidak
mempunyai hak milik atas semua barang yg mereka punyai, ada 2:
- agen penunjang
 - agen pelengkap
 
PROMOSI
Adalah arus informasi yg dibuat utk
mengarahkan seseorang / organisasi kpd tindakan yg menciptakan pertukaran dlm
pemasaran.
Ada
4 kegiatan dlm promosi :
- periklanan
 - personal selling : utk produk khusus / barang industri
 - sales promotion : barang konsumsi
 - publisitas.
 
TUJUAN
PROMOSI
- memodifikasi tingkah laku/merubah
 
- promosi merubah tingkah laku & pendapat.
 - Promosi juga memperkuat tingkah laku yg ada.
 
 
2.       memberi tahu : promosi ini penting dalam
membantu pengambilan keputusan utk membeli.
 
3.       membujuk : sering muncul promosi yg
bersifat persuasi utk mendorong pembeli.
 
4.       mengingatkan : promosi yg bersifat
mengingatkan di lakukan terutama utk mempertahankan merk
   
    produk di hati masyarakat.
PERIKLANAN/ADVERTISING
: komunikasi non individu dengan sejumlah biaya melalui berbagai media yg
dilakukan oleh perusahaan / lembaga serat individu2.
TUJUAN
PERIKLANAN/ADVERTISING
- terutama adalah menjual / meningkatkan penjualan barang dan jasa.
 - mendukung program personal selling.
 - mencapai orang2 yg tidak dapat dicapai sebelumnya.
 - mengadakan hubungan dengan [enyalur
 - memasuki daerah penyalur baru.
 
MEDIA
PERIKLANAN
- surat kabar 6. brosur
 - majalah 7. edaran
 - radio 8. spanduk
 - televise 9. papan reklame
 - pos langsung
 
keterangan :
- BIRO PERIKLANAN (advertising agency) : adalah lembaga bisnis yg berdiri sendiri yg mengkhususkan kegiatannya di bidang perencanaan, pengambangan & penempatan periklanan bagi langganan.
 - PERSONAL SELLING : adalah interaksi antara individu saling bertemu maka yg ditujukan utk menciptakan, memperbaiki, menguasai /mempertahankan hubungan pertukaran yg saling menguntungkan dengan pihak lain, personal selling disebut juga tenaga pnjualan (sales)
 - PROMOSI PENJUALAN (sales promotion) : dlm promosi menggunakan alat peraga , pameran, demonstrasi, hadiah.
 
SUMBER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar