Akuntansi, mungkin kata-kata ini sudah tidak
asing lagi di telinga banyak orang, namun, tidak semua orang tahu, apa arti
dasar dari akuntansi tersebut. Nah, agar kita tidak salah dalam mengartikan
akuntansi, disini saya akan bahas tentang akuntansi menurut para ahli, ruang
lingkup akuntansi , serta skema gambar pihak yang berkepentingan terhadap
informasi akuntansi perusahaan.
1. Pengertian Akuntansi
·
Menurut Horngern (2000), akuntansi di definisikan sebagai
proses pencatatan, pengkuran, dan penyampaian-penyampaian informasi ekonomi
agar dapat dipakai sebagai dasar pengambilan keputusan atau kebijaksanaan.
·
Menurut AICPA (American Institute of
Certified Public Acoountant) , akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, dan
pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan
kejadian-kejadian yang umumnya lebih bersifat keuangan dan termasuk menafsirkan
hasil-hasilnya.
·
Menurut Kepala Mentri Keuangan
RI/Kep.Men.Keu.RI (no.476 KMK 01 1991), akuntansi adalah suatu proses
pengumpulan, penncatatan, penganalisisan, peringkasan, pengklasifikasi kan, dan
pelaporan transaksi keuangan dari suatu kesatuan ekonomi untuk menyediakan
informasi keuangan bagi para pemakai laporan yang berguna untuk pengambilan keputusan.
2. Ruang Lingkup Akuntansi
·
Akuntansi Keuangan
Yakni akuntansi yang
berhubungan dengan masalah pencatatan transaksi
·
Akuntansi Biaya
Yakni akuntansi yang
menekankan pada penentuan dan pengendalian biaya
·
Akuntansi Manajemen
Yakni akuntansi yang
menggunakann biaya histori taksiran
·
Akuntansi Perpajakan
Yakni akuntansi yang
menekankan pada penyusunan laporan keuangan
·
Sistem Akuntansi
Yakni akuntansi yang
meyangkut masalah perancangan, prosedur, metode, dan tekhnik
·
Akuntansi Pemerintahan
Yakni akuntansi yang menekankan pada
pencatatan dan pelaporan transaksi
Untuk melihat skema gambar pihak yang berkepentingan terhadap informasi akuntansi perusahaan, klik Disini
Penjelasan dari skema :
- Pihak ekstern, yakni pihak luar dari perusahaan (pemegan saham, kreditor)
- Pihak Intern, yakni pihak yang terjun langsung dalam perusahaan/manajemen dalam perusahaan (misal : pegawai perusahaan)
- Pihak intern dan ekstern ini termasuk dalam pemakai akuntansi perusahaan, yang menyusun laporan keuangan, dan di dalam laporan keuangan tersebut, ada neraca, laba rugi, laporan perubahan posisi keuangan, serta laporan lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar